Rabu, 04 Mei 2016

Review Film



 Sumber : https://www.google.com/search?q=film+sang+pencerah&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjv-aWGtsDMAhVW0WMKHV1ECZUQ_AUICSgD&biw=1366&bih=657#imgrc=Pebf_M8R_ZfRnM%3A



Review Film
FILM SANG PENCERAH 

Nama : Sophia yuni kartika
NIM   : 20140720034 

Judul Film : sang Pencerah
Sutradara : Hanung Bramantyo
Penulis      : Hanung Bramantyo
Pemeran   : Lukman Sardi,Zaskia A. Mecca,Slamet Raharjo,Giring Nidji,Ikhsan Idol,Sudjiwo,Ikranegara

Sang pencerah adalah sebuah film indonesia tahun 2010 yang mengangkat kisah nyata sang pendiri Muhammadiyah. Kehidupan KH. Ahmad Dahlan dan perjuangannya mendirikan “Muhammadiyah”. Tahun 1868 kauman merupakan kampong islami terbesar di Yogyakarta dengan Masjid besar sebagai pusat kegiatan agama. Saat itu didaerah Yogyakarta sangat miskin Aqidah. Masyarakatnya banyak yang bertahayul atau mistik. Kemiskinan dan kebodohan merajalela.
Film ini melakukan syuting di kota Yogyakarta,Ambarawa Semarang,Jakarta dan Bogor. Alur cerita dalam film Sang Pencerah ini. Saat itu KH Ahmad Dahlan sepulang dai menuntut ilmu di Mekkah. Yang saat itu masih berumur sangat muda yang gelisah atas pelaksanaan syariat islam yang melenceng ke arah Bid’ah/sesat. Melalu langgar atau surau Ahmad Dahlan memulai pergerakan mengubah arah kiblat yang salah di Majid Besar Kauman yang mengakibatkan kemarahan seorang kyai besar karna menentang tradisi. Sehingga surau KH. Ahmad Dahlan dirobohkan karena dianggap mengajarkan aliran sesat. Ahmad Dahlan juga dituduh sebagai kyai kafir hanya karena memuka sekolah yang menempatkan muridnya duduk dikursi seperti sekolah modern Belanda.
KH. Ahmad Dahlan bersama istrinya yang bernama Nyai Walidah tidak kenal lelah untuk membawa masyarakat kejalan yang benar sesuai dengan tuntunanan Nabi Muhammad dan sesuai dengan Al-Qur’an dan As- Sunnah. Dan juga ditemani dengan murid setianya yaitu sudja,sangidu,fahrudin,hisyam,dan dirjo. Membentuk organisasi Muhammadiyah dengan tujuan mendidik umat islam agar berpikiran maju sesuai dengan perkembangan zaman.
Sang Pencerah ini merupakan film yang bagus untuk ditonton. Banyak sekali nilai-nilai positif yang bisa diambil dalam film ini seperti orang akan menghormati antara sesamanya,orang akan merasa takut akan hari kiamat dan akan berbuat baik setelah menonton film ini.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar