Rabu, 04 Mei 2016

Review Buku























sumber : https://www.google.com/search?q=buku+sang+pemimpi&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjOkcr-ssDMAhUG0GMKHYdpAf8Q_AUIBygB&biw=1366&bih=657#imgrc=CnfT-Pa_pqmImM%3A



Review Buku
Nama : Sophia Yuni Kartika
NIM    : 20140720034

Judul      : Sang Pemimpi
Penulis   : Andrea Hirata
Penerbit : PT.Bentang Pustaka
Cetakan : 1. Juli 2006
Tebal      : 295 halaman

Novel ini adalah novel kedua setalah Laskar pelangi karya Andrea Hirata. Sang pemimpi adalah sebuah kisah kehidupan yang membuat pembacanya percaya akan kekuatan cinta,percaya akan kekuatan mimpi dan sebuah pengorbanan. Sang Pemimpi bercerita tentang 3 orang pemimpi,yaitu ikal,Arai dan jimbro. Setelah tamat SMP,mereka melanjutkan ke SMA. Disinilah perjuangan dan mimpi ke tiga pemberani dimulai. Arai dan ikal begitu pintar disekolahnya sedangkan jimbron biasa-biasa saja di sekolah. Malah jimbron menduduki rangking 78 dari 160 siswa. Ikal dan Arai mempunyai mimpi melanjutkan belajarnya ke Sorbonne Perancis. Karena bagi Arai,orang susah seperti mereka tidak berguna tanpa mimpi-mimpi. Mereka bekerja sambil sekolah,walaupun mereka menyadari tabungan mereka tidak akan cukup untuk pergi kesana. Tapi jiwa optimisme Arai tak terbantahkan.
Setalah SMA,Arai dan Ikal meratau ke jawa tepatnya di bogor. Sedangkan Jimbron memilih untuk menjadi pekerja ternak di belitong. Berbulan-bulan terkantung-katung di Bogor,mencari pekerjaan untuk bertahan hidup. Setalah banyak pekerjaan yang ditempuh,Ikal diterima menjadi  tukang pos,dan Arai memutuskan untuk merantau ke Kalimantan. Beberapa tahun kemudian Ikal memutuskan kuliah di Ekonomi UI. Dan setelah lulus,ada lowongan beaiswa S2 ke Eropa. Beribu-ribu pesaing ia kalahkan dan sampailah pada tahap merebutkan 15 besar.
Saat wawancara tidak disangka profesor pengujinya terpukau dengan proposal yang di ajukan Ikal,meskipun hanya berlatar sarjana Ekonomi dan tukang pos. Akhirnya setalah wawancara selesai,siapa yang menyangka,Arai juga ikut dalam wawancara beasiswa tersebut. Begitulah Arai ,selalu penuh dengan kejutan. Sambil menunggu pengumuman mereka pulang ke belitong.setelah lama disana akhirnya yang ditunggu-tunggu datang,dua buah surat pengumaman beasiswa kuliah. Dengan berdebar-debar Ikal dan Arai membukanya. Disana tertulis dalam bahasa inggris dan tertera bahwa Arai dan Ikal diterima untuk menjadi mahasiswa Sorebonne Perancis. Akhinya meraka menginjakkan kaki di Perancis.
Banyak sekali pembelajaran yang bisa kita ambil dalam Novel Sang Pemimpi ini. Novelnya bagus untuk dibaca dan penuh dengan motivasi bahwa hidup juga harus mempunyai mimpi besar walaupun kadang keadaan tidak memungkinkan untuk menggapainya mimpi itu. Serta tidak bertele-tele dalam menyampaikan setiap kejadiannya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar